Cikal Bakal Beridirinya Forum Lingkar Pena Ranting Banyuanyar (FLP Pertama di Pulau Madura)

by September 18, 2018 1 komentar


Jauh tahun sebelum Forum Lingkar Pena Ranting Banyuanyar diresmikan, sejatinya sudah ada beberapa santri di Banyuanyar yang telah menggadang keberadaan FLP di Banyuanyar, demikian, pada masa tersebut, FLP hanya berbentuk sebuah inisiasi, tanpa ada program regular dan berkesinambungan. Beberapa inisiatornya antara lain Kholisul Ibad dan Waris. (ketua dan waka. OSIS MADU), yang mendapat titah dari Ny. Hj. Taqiyyah, putri RKH. Mohammad Syamsul Arifin. Yang tidak jauh sebelum itu, membentuk FLP di pondok putri.

Bertepatan pada Tahun 2004, Hafiz, Hamli, Abdul Ghafur, Edi dan Muslim kemudian menginisiasi untuk mewujudkan FLP R Banyuanyar yang resmi. Berkat kerja keras dan usaha teman-teman semuanya, akhirnya pada 26 Maret 2005, FLP R Banyuanyar diresmikan oleh Mas Bachtiar H.S, Mas Haikal Hira Habibillah dan Mas Kukuh, sebagai perwakilan FLP Jawa Timur. Lahirnya FLP Ranting Banyuanyar menjadi motor lahirnya FLP di pulau Madura (pertama di Madura). Karena pasca munculnya FLP R. Banyuanyar ini, beberapa pondok pesantren di daerah Madura mulai ada, dan termasuk FLP Cabang Pamekasan.

Peresmian FLP  Banyuanyar tersebut kemudian menjadi turning point bagi kemajuan dan keberlangsungan komunitas penulisan ini di Banyuanyar, sebab dengan peresmian tersebut, pengurus FLP memiliki kesempatan yang lebih luas lagi, untuk meningkatkan pengetahuan kepenulisan, dan memperluas jaringan dengan penulis FLP dari seluruh Indonesia. karena pasca peresmian, FLP khusunya Pengurus Wilayah Jawa Timur memfasilitasi kader dengan berbagai program seperti writing camp dan training for trainer yang diselenggarakan di berbagai kota di Jawa Timur.

Oleh karena itu sebagai organisator harus mampu menyesuiakan dengan visi dan misinya, untuk menjadi sebuah organisasi yang memberikan pencerahan melalui tulisan dan mencetak generasi pedakwah dengan tulisan. Sekaligus Meningkatkan budaya membaca dan menulis di kalangan santri dan masyarakat.

Periodasi  FLP Ranting Banyuanyar :
Ada beberapa organisator yang telah sudi membolak-balikkan idenya untuk kemajuan FLP R banyuanyar :
  1. Hafiz Al Asad (2005-2007)
  2. Syaiful Bahri (Ipunk) (2007-2010)
  3. Fathor Rosyid (2010)
  4. Mawardi Aziz (2010-2012)
  5. Muammar Nizami (2012)
  6. Zainullah (Jimmy) (2012-2013)
  7. M. Siryi Zamil (2013-2015)
  8. Moh. Ali Wafa (2015-2016)
  9. Arbaien (2016-2017)
  10. Maulidi (2017-2018)
  11. Hanif Pratunggal (2018-2019)
Program kerja atau kegiatan FLP Ranting Banyuanyar

Tataran program FLP telah di bentuk dalam Buku Panduan Pengurus FLP R Banyuanyar yang di dalamnya sudah tercantum semua kegiatan-kegiatan entah program mingguan, bulanan dan tahunan sebagai berikut :
  1. Writing Class (pertemuan rutin  malam Selasa  dan Jum’at),
  2. Tongkrongan Inspirasi Menulis (TOPLIS), pengkemasan nama dari kebiasaan anggota FLP nongkrong sekaligu program pengembangan untuk pengodokan anggota di bidang tulis-menulis seperti Puisi, Cerpen dan Artikel,
  3. Penerbitan Buletin Selembaran SHADAQO, yang biasa terbit waktu ada agenda besar pesantren, seperti acara peradaban dsb.
  4. Penerbitan ORION (Bukan Buletin Bukan Majalah), yang biasa terbit tiap bulan.
  5. Penerbitan Antologi  Tahunan FLP Menulis.
Pesan FLP Ranting Banyuanyar :
  1. Menulis itu adalah sarana paling mudah untuk berbagi. Mungkin kita tidak mampu memberi secara finansial, sebab kita bukan orang berada. Tapi  dengan menulis, kita bisa memberikan sebuah arti kepada sesama dan mengajaknya akan kebaikan.
  2. Menulis berarti mencatat nama kita di panggung sejarah. Mengabarkan kepada dunia bahwa kita benar-banar ada, seperti tokoh-tokoh terdahulu, salah satunya Iman Al-Gazali yang sampai saat ini karyanya masih dibaca banyak orang. Hidupnya berarti.
  3. Dan yang terpenting bagi kita, adalah dakwah bil qolam... terlebih bagi kaum muslimin. Maka dari itu, menulislah untuk berdakwah.[]
“FLP TONGKRONGAN ORANG-ORANG KREATIF!”

*Narasumber :
1. Hafiz Al- Asad (Pendiri FLP R. Banyuanyar Sekaligus Ketua Pertama),
2. Syaiful Bahri (Ketua Kedua)
3. M.Siryi Zamil, Sirajul Munir, dan Husnor Rofiq (Team Cyber FLP R. Banyuanyar)

FLP Banyuanyar

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

1 komentar:

  1. Semoga ttp terjaga konsistensi Kepenulisannya.

    Bangga pernah menjadi bagian dri flp ranting banyuanyar....

    BalasHapus